Senin, 22 Mei 2017

10 JENIS SEPEDA MOTOR UNTUK DI MODIFIKASI

Melakukan modifikasi/perubahan pada motor tentunya harus menggunakan jenis aliran modifikasi ,kalau tidak menggunakan tentunya hasilnya kurang maksimal. Umumnya memodifikasi motor yang paling banyak di indonesia adalah jenis street fighter , jap style bike, cafe racer, full fairing dan masih ada beberapa lainnya. Tapi dari yang saya amati di jalan raya ,maksdunya yang sering saya lihat adalah jenis adalah Sport full fairing.
Bagi anda yang belum tahu apa maksudnya modifikasi ,ya modifikasi motor adalah merubah suatu tampilan sepeda motor dari tampilan standard menjadi lebih sporty,agresif, terlihat berbeda dengan yang lainya. Bagian bagian yang diganti ada yang seluruh part diganti ada yang hanya dengan memperindah saja ,misalnya menyematkan beberapa aksesoris/sparepart motor ,mengganti velg, stang, body , spion, swing arm, dll. Tapi ada juga yang memodifikasi motor khususnya untuk performance yaitu dengan menambah kecepatan agar semakin cepat.
Lalu jenis modifikasi motor apa sih yang cocok untuk digunakan ..? Kalau menurut saya pribadi semuanya sih terngantung selera masing masing , anda bisa lihat dibawah ini beberapa jenis modifikasi motor yang bisa dijadikan rujukan sebelum memodifikasi motor. Jenis .macam konsep motor dibawah ini sudah banyak digunakan oleh kalangan modifikator dunia.

1. Vintage Bike


Modifikasi motor yang mengusung konsep ini yaitu berusaha mempertahankan unsur originalitas kendaraan alias tampil standard pabrik . Walaupun kelihatanya terlihat simple tapi aliran jenis modifikasi ini menghabiskan uang yang lumayan cukup banyak karena harga sparepart original (ori) jadi sangat mahal selain itu juga untuk mendaptakan part part tersebut sudah langka dipasaran.

2. Touring

Konsep modifikasi aliran motor touring ini yaitu dengan memanfaatkan motor pabrikan alias bawaan standard dengan menambah beberapa part pendukung misalnya saja seperti box utilities dan poart penudkung lainya seperti ban tubeless supaya nantinya tidak repot ketika ban terkena paku serta safety gear yang mampuni . Selain itu juga membersarkan diameter cakram depan dan mengganti selang rem depan dengan kabel rem keluaran TDR, menambah aksesoris handguard atau pengalaman pelindung tangan ketika terjadi benturan,memasang engine bar atau besi pelindung mesin , dan juga body. Memakai bag untuk menaruh peta , air minum, kamera atau peralatan lain yang dibutuhakan untuk kegiatan touring,tidak lupa juga menggunakan stang fatbar (setang lebar).

3. Chopper bike
Modifikasi motor jenis ini biasa pemiliknya mencari mesin dan juga mengkombinasikan dengan sasis buatan sendiri sehingga tampilanya menjadi lebih panjang antara stang dan jok.

4. Jap Style Bike


Modifikasi dengan konsep seperti ini biasanya ada cirikhasnya atau gaya yang digunakan. Misalnya saja pada bagian stang telanjang, lampu depan menggunakan jenis bulat,jok pendek ,kemudian dimensi rangka yang pendek, tangki terlihat lebih kecil,serta jarak antara ban depan dengan ban belakang terlihat lebih panjang dari rangka selain itu terlihat detail manik imut.


5. Cafe Racer

Modifikasi motor yang menggunakan aliran cafe racer biasanya terlihat sangat menonjok diantaranya yaitu stang yang digunakan jenis tang jepit agar bisa menunduk waktu habis geber motor,Selain itu juga pada bagian tanki motor dibuat agar terlihat lebih ramping dan memanjang biar lebih enak dan nyaman saat dijepit paha. Ciri khas lain motor modifikasi jenis aliran ini yaitu jok yang rendah ,kemudian pada bagian belakang terdapat buntut yang melengkung seperti belalang ke atasnya seperti buntut tawon.

6. Supermoto


Aliran modifikasi motor jenis ini biasanya tetep bernuansa trail, tapi pada bagian kaki kakinya khususnya velg dan ban yang digunakan berbeda dengan ban motor trail alias tidak menggunakan ban kembang tahu.


7. Trail Bike


Modifikasi motor aliran ini biasanya mau tidak mau harus merubah total penampilan motornya,Maka part part yang wajib harus diganti yaitu handguard, stang tinggi ala motor trail (fatbar),knalpot racing,undertail, ban menggunakan ban tahu, engine guard ditambah lagi modifikasi pada mesinnya agar performance tenaga dan torsinya meningkat.


8. Bobber


Modifikasi motor dengan aliran ini biasanya tetap membiarkan sasis standard ,hanya memotong bagian spatbor bagian depan selain itu juga menambahkan piranti yang dianggap penting/perlu. Untuk aksentuasi ,motor modifikasi aliran bobber ini menerapkan sistem pengereman cakram, kemudian untuk roda ban depan dan ban belakang menggunakan tipe ban gendut.


9. Streetfighter


Motor aliran modifikasi jenis steet fighter ini biasanya menampilkan tampilan yang lebih macho alias lebih muscle ,lebih gombot dan padat. Ciri ubahan yang dilakukan pada motor jenis aliran steet fighter ini biasanya adalah mengganti kaki kaki motor dengan menggunakan velg dan ban yang lebih besar dan gombot, selain itu pada sektor mesin lebih ditonjolkan agar kelihatan.


10. Sport Full Fairing


Untuk konsep modifikasi ada aliran ini yaitu sudah sangat jelas bahwa motor ini biasanya tampilanya full fairing yang mengadopsi motor besar yang digunakan pada pembalap motogp.




Nah kurang lebih sekitar ada 10 jenis sepeda motor untuk di modifikasi,dan dalam melakukan perubahaan motor atau modifikasi motor hindari modifikasi motor yang tidak memperdulikan sisi safety , lebih baik aman dan nyaman walaupun penampilanya tidak terlalu bagus.



Salam dari saya Reda Prahasta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar